PT. EDI Indonesia
PT EDI Indonesia didirikan pada tanggal 1 Juni 1995 sebagai perusahaan pelopor dalam mengembangkan Jasa Pertukaran Data Elektronik (PDE) di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Perusahaan tersebut memiliki kantor yang beralamat di Jl. Jaya Wijaya, Cibening, Bungursari Purwakarta, Jawa Barat, 41181, ID. Nomor kontak Pak Yusuf selaku pegawai di kantor tersebut adalah +628157000287. Kantor tersebut membuka pelayanan setiap hari Senin-Jumat 08.00-17.00 WIB
Berangkat menuju ke PT. EDI Indonesia Purwakarta

Untuk menuju ke alamat di atas, penulis berangkat dari Stasiun Bandung tanggal 10 Maret 2017 pukul 06.15 menuju Stasiun Purwakarta. Tiba disana pukul 07.45.

Dari stasiun Purwakarta lalu menyebrang ke jalan K.K Singawinata untuk naik Angkot Nomer 01, dengan menyebutkan tujuannya yaitu turun di Perempatan Sadang, dekat Toserba Ramayana, tarifnya cukup murah yaitu Rp. 4.000,-

Setelah berhenti di Jalan Raya Sadang-Subang sebelah Toserba Ramayana, lalu menyebrang ke sebelah kiri Jalan Raya Cibening Bungursari untuk naik Angkot Nomer 43, lalu bilang untuk turun di pertigaan Perum Bumi Inti Persada (BIP), sebelah Hotel Abah, dengan membayar Rp. 4.000,-

Tanya-tanya di PT. EDI Indonesia

Ketika berkunjung ke PT. EDI Indonesia penulis tidak punya rencana atau daftar pertanyaan yang telah disusun sama sekali. Entahlah pertanyaan saya termasuk kategori eksploratori, eksplanatori, atau konfirmatori, yang pasti nggak jelas >.<.

PT. EDI Indonesia memiliki perangkat lunak yang namanya eXpert eXchange, entahlah namanya mengingatkan penulis dengan perangkat lunak buatan Netscape yang bernama ECXpert yang pernah penulis ulas di artikel berikut Peran Eric S. Raymond yang menginspirasi Netscape Go Open Source.

Ketika disana penulis ditunjukkan Modem U.S. Robotics 5630d yang digunakan pelanggan PT. EDI untuk mengurus administrasi kepabeanan di awal berdirinya. Yah, kalau dicari di Google anda akan menemukan penggunaan modem tersebut dengan dokumen EDI pada sebuah postingan reddit berikut: How did you end up 'doing' EDI? Dan per 30 April 2015 produk IBM Gentran yang disebutkan pada komentar di sebuah post reddit tadi sudah tidak ada dukungan lagi.

Selain modem di atas, penulis diberi Buku Agenda 2017 dari bapak yang penulis lupa bertanya >.<. Pada buku agenda tersebut, yah disebutkan juga protokol EDIINT AS2 (RFC 4130) yang dilahirkan oleh Netscape ECXpert diatas. Jadi.. yang masih membayangi penulis, apakah Netscape ECXpert itu yang menjadi inspirasi perangkat lunak eXpert eXchange milik PT. EDI Indonesia diatas kah? heuheu..

Pulang dari PT. EDI Indonesia Purwakarta

Sepulang dari PT. EDI Indonesia saya menunggu angkot di Jalan Raya Cibening-Bungursari untuk naik Angkot Nomer 43, saya tinggal bilang turun di Perempatan Sadang, dekat Toserba Ramayana, dengan membayar Rp. 4.000,-.

Setelah turun dari angkot, lalu jalan kaki ke Jalan Raya Sadang-Subang di sebelahnya Toserba Ramayana untuk naik angkot nomer 02, lalu bilang turun di Stasiun Purwakarta, dengan membayar Rp. 4.000,-

KOMA

Reactions:

You Might Also Like:

Berikan Komentar Sembunyikan Komentar

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×