Pak Eric S. Raymond, Pendiri sekaligus Presiden Open Source Initiative (OSI), menulis esai pada Mei 1997 berjudul The Cathedral and The Bazaar, esai tersebut diawali dengan perjuangan hacker dalam memajukan peradaban manusia, lalu memberikan teladan bagaimana projek Fetchmail (program untuk mengambil surel dari server) miliknya yang diambil alih dari Carl Haris Juni 1996 dan Linux (sistem operasi komputer) buah karya Pak Linus Torvalds sebagai bukti konkrit kesuksesan gaya pengembangan model bazar. Cerita berlanjut ketika Pak Eric A. Hanh, CTO Netscape yang baru menjabat seumur jagung, mengirimkan sebuah surel kepada beliau setelah Netscape mengumumkan pembukaan kode sumber peramban Netscape Navigator pada 22 Januari 1998 berikut:

On behalf of everyone at Netscape, I want to thank you for helping us get to this point in the first place. Your thinking and writings were fundamental inspirations to our decision.

Netscape bersama GEIS Membuat Perusahaan Gabungan

Dalam rangka untuk memperjelas seberapa besar pengaruh esai Pak Eric S Raymond terhadap keputusan CTO Netscape tersebut, ada baiknya kita melihat beberapa kejadian penting terkait Netscape. Sebelumnya, Netscape dan General Electric telah membentuk perusahaan gabungan Actra Business Systems LLC pada 10 April 1996, salah satu produknya bernama ECXpert (actracorp.com). ECXpert secara fungsi anggap saja sama seperti Mozilla Thunderbird, Zimbra, atau Microsoft Outlook, disamping itu program tersebut memiliki fitur tambahan S/MIME untuk menandatangai dan mengenkripsi sehingga pesan surel terjamin tidak termodifikasi dan tidak terbaca mata-mata ketika melewati jaringan Internet, tapi bedanya dengan program surel yang umumnya ada temui, pesan yang dibawa tidak diperuntukkan untuk disusun maupun dibaca secara manual oleh manusia melainkan oleh mesin komputer dengan aturan yang tertuang dalam RFC 1767. Program ECXpert yang mengimplementasikan protokol EDIINT AS1 (RFC 3335) ini merupakan sebuah substitusi atau alternatif untuk EDI Value Added Network (VAN) yang pasarnya dikuasai oleh Sterling Commerce, IBM dan Sears Roeback & Co., dan kawan-kawannya (oracle.com, wsj.com, chicagotribune.com, prnewswire.com, nytimes.com). Selang beberapa bulan, Netscape mendapat kejutan dari Microsoft dengan diluncurkannya Internet Explorer 4.0 yang tergabung menjadi satu dengan Windows 95 pada Oktober 1997 dan ketika 6 November 1997 Netscape membeli sisa saham Actra Corp yang dimiliki General Electric (wsj.com), hingga pada tanggal 5 januari 1998 Netscape mengalami kerugian (cnet.com, money.cnn.com, zdnet.com).

Lebih detil tentang Netscape ECXpert

Apa yang ECXpert tawarkan pada april 1996 tersebut terbilang baru di jagad dunia, belum ada satupun perusahaan berkirim terima dokumen komersil berwujud surat EDI yang melalui jaringan Internet, mereka masih menggunakan jaringan VAN milik operator telekomunikasi (ieee.org,commerce.net, edi-indonesia.co.id, seeburger.com). Berdasar akun linkedin mantan pegawai amazon.com yang entah akurasinya tepat atau tidak, yaitu Karen Dorweiler dan John Squires mengaku sudah menggunakan protokol FTP untuk mengirim Purchase Order dan menerima Invoice sebelum tahun 2000, bila daftar skill pegawai Amazon dikroscek dengan ketersediaan dukungan FTP di bahasa pemrograman Perl memang baru tersedia di versi 5.004 yang dirilis tanggal 15 Mei 1997. Sedangkan Wal-mart sendiri baru menggunakan Internet untuk mengirim dokumen EDI pada 9 September 2002 (internetretailer.com, gartner.com).

Kesimpulannya

Mari tarik kesimpulan bersamah ^_^, saya jadi gatal kenapa Netscape ECXpert kok tidak dibuat open source juga yah? ituh oleh Josh Long, sang mastah Spring Boot, 13 Desember 2008 silam sampai ingin membuat versi open source-nya Netscape ECxpert gan (secure B2B/financial services adapters: SFTP/FTPS/AS2/SSH), oya lebih jelasnya tentang RFC 1767 dan EDI mari sila membaca tulisan saya berikut Pengantar Pertukaran Data Elektronik

Reaksi:

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×