Ketiga hal diatas sama-sama mengandung kata-kata web, namun mereka merujuk pada hal yang berbeda.

MIME Type
Secara kasat mata, ketika URL dari Web Site diakses dari browser, biasanya file yang dikirimkan, pada Response Header memiliki MIME Type atau content-type berupa text/html. Response Header dari setiap URL dapat dilihat menggunakan tools Network di masing-masing browser, CTRL+Shift+Q dari Mozilla Firefox atau CTRL+Shift+I dari Google Chrome. Pada bagian Response Headers dapat dilihat informasi content-type dari file yang diacu oleh URL Web Site tersebut. Untuk content-type dari Web Service hanya application/soap+xml, sedangkan content-type dari Web API bisa application/json dan application/xml. Meski Web API dan Web Service sama-sama memiliki content-type XML, namun file xml yang digunakan oleh SOAP memiliki aturan yang secara umum disebut XML Schema. XML Schema merupakan spesifikasi yang mendeskripsikan struktur dan membatasi isi dari XML, sehingga tidak mengijinkan penggunaan tag elemen dan atribut yang sembarang.

HTTP Method
Metode HTTP yang sering digunakan oleh Web Site dan Web Service adalah POST dan GET, kebanyakan referensi pengembangan webiste, tidak ada penekanan pembedaan method POST dan GET, hanya sekedar informasi jika menggunakan Method GET, maka parameter akan muncul di address bar, sedangkan POST akan berada di Request Body, sedangkan untuk Web API RESTful yang dipelopori Roy Fielding, "menyarankan" untuk mendayagunakan method selain POST dan GET dari HTTP, yaitu method PUT, PATCH, serta DELETE. Method HTTP didalam Web API Restful memiliki arti-arti tersendiri, Method GET dimaksudkan untuk mendapatkan data, method POST untuk penambahan, method PATCH/PUT untuk pemutakhiran data, dan method DELETE, untuk penghapusan data.

Konsumen
Konsumen dari website adalah manusia, sedangkan web service dan web api adalah software atau program aplikasi.

Representasi fungsi dan parameter
Beberapa Framework untuk pengembangan Website, seperti Laravel, Spring MVC, Code Igniter, biasanya menempatkan nama fungsi & parameter pada URLnya. Untuk Web Service, nama fungsi dan parameternya berada di Request Body yang berupa file XML. Sedangkan untuk Web API, programmer disarankan untuk memilih metode yang disediakan oleh HTTP saja, sedangkan URL hanya untuk merepresentasikan nama entitas saja.
Misalkan untuk mendaptakan daftar sekolah dari kabupaten Sragen, provinsi jawa tengah, dapat direpresentasikan dengan URI berikut:
GET /provinsi/2/kabupaten/4/sekolah/ .
Untuk melakukan perubahan nama sebuah sekolah dapat dipresentasikan dengan URI berikut:
PATCH /sekolah/23/ dengan data parameter ditempatkan pada request body, {"namaSekolah: "SMA Negeri 1 Gemolong"}
Untuk melakukan penambahan sekolah dapat direpresentasikan dengan URI berikut:
POST /sekolah/ dengan parameter ditempatkan di Request body {"namaSekolah":"SMK Sakti"}
untuk penghapusan data, dapat direpresentasikan dengan URI berikut:
DELETE /sekolah/23

Reactions:

You Might Also Like:

Berikan Komentar Sembunyikan Komentar

Hello, how may we help you? Just send us a message now to get assistance.

Facebook Messenger ×